Pages

Sabtu, 18 Juni 2011

Cara mengatasi "A disk read error occurred Press Ctrl + Alt + Del to restart"

Pernahkah komputer anda mengalami masalah pesan bertuliskan seperti ini: "A disk error occurred. Press ctrl+alt+del to restart" ketika hendak beraktifitas? Ketika anda mengikuti perintah "ctrl+alt+del" tetap saja muncul pesan yang sama dan sama lagi pada pesan berikutnya. Pada awalnya ini merupakan masalah serius bagi anda. Anda tak dapat mengakses mesin anda. Anda pikir ini adalah kesalahan operasi sistem anda. Lalu terlintas dalam benak anda untuk bersusah-payah menginstal ulang sistem operasi berikut aplikasi-aplikasi pada komputer anda. Atau mungkin hardware anda yang bermasalah?
Saya juga pernah mengalami hal serupa diatas. Saya mencoba googling topik-topik yang berkaitan dengan masalah diatas. Akan tetapi solusi-solusi yang dipaparkan kebanyakan malah membuatku tambah bingung. Anda mesti harus download software ini lah, sofware itu lah. setting ini, setting itu. Menyebalkan! [pada saat itu saya lagi puasa(membayar hutang puasa ramadhan yang lalu saat sakit)]. Saya ikuti petunjuk dari internet dengan cara mencopot hard drive saya ke komputer lain untuk mengecek hard drive saya tersebut. Tapi ternyata data saya dalam hard driveku tersebut baik-baik saya. Saya scan untuk mencari apakah ada virus menginfeksinya, tapi al hasil "0" threat found! Hard drive saya nampaknya baik-baik saja.
Dari pengalaman saya tersebut, saya merekomendasikan anda agar anda TIDAK MEMPARTISI ULANG hard disk anda. Itu hanya membawa celaka saja bagi anda. Karena sebenarnya tidak ada masalah apa-apa pada operasi sitem anda, hardware anda, tidak. Solusi yang tepat bagi masalah anda diatas adalah sebagai berikut:

1. Buka casing cpu anda;

2. Lepaskan semua kabel konektor yang terhubung dengan hard drive anda yang terinstal operasi sistem;

3. Hubungkan kembali kabel-kabel konektor yang anda lepas tadi pada tempat semula dengan tepat;

4. Hidupkan kembali komputer anda;

5. Komputer anda berjalan mulus kembali seperti sebelumnya;

6. Masalah teratasi

7. Karena masalah teratasi, silahkan tutup kembali casing cpu anda agar debu tak bersarang dalam mesin anda, karena debu berpengaruh juga pada komputer anda.

8. Jangan lupa bersyukur;

9. Dan ingat! Jangan pernah takut pada kegagalan. Kegagalan adalah petunjuk jalan keluar suatu masalah. Atau lebih singkatnya "Kegagalan adalah awal keberhasilan yang tertunda".


Demikian tadi merupakan solusi mengatasi masalah pesan "A disk read error occurred Press Ctrl + Alt + Del to restart". Saya menghargai orang seperti anda yang mau berusaha. Terima kasih telah berusaha melalui blog ini.

Salam,
Allexzusa [a.k.a Alex Jr.]

36 komentar:

  1. udah saya ikutin petunjuk nya mas tp koq tetep g bisa y ?

    BalasHapus
  2. @teddiuchlud: Coba bersihkan konektor kabel SATA/ATA-nya atau kalau tidak di ganti saja dengan yang baru, bro. Biasanya yang bermasalah di konektornya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku uda coba gan malah udah ganti kabel baru tapi kok tetep aja gimana nih gan

      Hapus
    2. maaf sebelum nya numpang bagi" info gan...mungkin itu dari hardisk nya yang corupt atau rusak.
      Boot CD XP (pengalaman saya pakai XP SP 3)
      Tekan R untuk repair yg pertama dan otomatis akan buka recovery console
      gunakan command CHKDSK /p tunggu sampai selesai
      kemudian gunakan CHKDSK /R tunggu sampai selesai

      dari pengalaman langsung bisa masuk windows

      kemudian defrag OS Drive (default by C:) untuk mencegah terjadinya error lagi

      Hapus
    3. Terimakasih gan atas share pengalamannya!

      Hapus
  3. salam...
    gan mau nanya nih..kalo di laptop gimana solusinya?
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mungkin belum pernah mengalami kejadian ini pada laptop, tapi coba saja dengan membongkar laptop anda, kemudian di lepas hard disknya. Tunggu beberapa saat kemudian pasang kembali. Sementara itu dulu bantuan saya.
      Terima kasih telah mampir ke blog saya.
      Semoga mendapat manfaat.
      Salam,
      Allexzusa.

      Hapus
    2. salam.. bang anugrah apa udah jadi yang msalahnya di laptop ?
      klw udah bisa tlong share soalnya laptop saya juga mengalami masalah yang sama dengan anda !
      terima kasih

      salam

      Hapus
  4. tadi sore aku kejadia tuh a disk read error occured untung ketemu tulisan ini, maksihh yahh bermanfaat bgt :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur dech, senang bisa membantu anda. Terima kasih atas kunjungannya... Silahkan mampir kembali untuk info teknologi lainnya.
      Salam super!

      Hapus
    2. "sagat membantu"
      TERIMA KASIH ATAS BANTUANYA BROO,SEMOGA SUKSES SELALU

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. gan, padahal sebelum bermasalah gak ada apa apa, cuma terakhir saya masukin film 1gb, terus saya matikan, lalu beberapa saat di hidupkan kembali muncul tulisan seperti itu.

    BalasHapus
  7. wah makasih banget gan, berhasil solusinya :)

    BalasHapus
  8. saya mengalami hal sama,sudah berbagi cara kucoba sesuai petunjuk diatas,tapi kok masih ngga bisa kebuka window xp nya....
    apa ada solusi lain ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba anda copy semua content yang ada pada harddisk anda pada harddisk lain terus lakukan chckdsk pada hard disak anda yang terkena masalah guna memperbaiki bad sector. Coba pasang lagi dan hidupkan. Bila masih gagal, coba format Total harddisk anda tersebut, lalu adakan partisi ulang kemudian install ulang. Saya harap saran saya yang ini dapat membantu.
      Terima kasih telah mampir!
      Salam Super,
      Allexzusa.

      Hapus
  9. oke deh dicoba. thx peri much gan

    BalasHapus
  10. gan aq udah lakukan petunjuk diatas malah sekarang muncul "reboot and select proper Boot device" "or Insert Boot Media in selected boot device and press any key" aq tekan gak bisa gan gimana solusinya... help me...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila itu kejadiannya bisa jadi itu socket konektor hdd atau kabel sata/ata hddnya. Coba bersihkan socket konektornya pake cotton bud dan ganti kabel yang baru.
      Semoga membantu.

      Hapus
  11. gw sdh lakukan cara di atas tetep eror. akhir nya bsa booting tp lama bngt nyampai 10 menit. dan buka program pc jd hang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan selanjutnya adalah hdd nya mulai mengalami kelemahan kinerjanya. Coba anda cabut hdd anda lalu lakukan scan/test (scandisk, seatool, dll) dari kompi lain. Bila ditemukan bad sector, segera back up data anda dan ganti hdd anda.

      Hapus
  12. thanks gan,
    salam super XD
    cindyvers

    BalasHapus
  13. Saya juga ngalami pada Notebook Samsung setelah shutdown muncul pesan “A Disk Read Error Occured. Press CTRL+ALT+DEL to restart”... Trus tak lanjutin perintahnya ternyata jadi, trus hbs itu nda mau booting lagi. Saya pake OS Win 7 Pro 32 Bit. Gimana solusinya Gan........?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan selanjutnya adalah hdd nya mulai mengalami kelemahan kinerjanya. Coba anda cabut hdd anda lalu lakukan scan/test (scandisk, seatool, dll) dari kompi lain. Bila ditemukan bad sector, segera back up data anda dan ganti hdd anda.

      Hapus
  14. Saya juga ngalami pada Notebook advan setelah tak nyalain muncul tulisan“A Disk Read Error Occured. Press CTRL+ALT+DEL to restart”dan terus seperti itu jika tak turutin perintahnya... aku pake windows 8 32bit,tolong bantuanya ya cos banyak file pentingnya di notebook itu...

    BalasHapus
  15. Sudah saya ikutin petunjuknya yg sangat sederhana ini tapi 100 it's worked. Trims mas bro, pc sya sdah kembali normal. Saya nyaris mau di instal ulang pc saya..

    BalasHapus
  16. Makasih Gan, berguna sekali infonya, skrg PC saya udah normal lagi :D

    BalasHapus
  17. makasi Gan, mampaat banget, kompi kantor ane sembuh lg..
    akhirnya ane g jadi malu...( scr t kompi eror pas ane lg ngebok*p) :D :D :D

    BalasHapus
  18. Wah berhasil gan makasih banyak nih infonya

    BalasHapus
  19. kalo harddisknya kebaca di BIOS tapi pas mau booting windows malah muncul tulisan a disk read error occurred tuh gmna solusinya gan?? di BIOS harddisknya terdeteksi tp knp kok gak bs booting windows

    BalasHapus
  20. Makasih ya mas klo ga ada ini mungkin pc aku g idup. Mas boleh nanya ga gimana biar ram kedetek lagi soalnya udah aku gosok pake penghapus ttp ga kedetek

    BalasHapus